Taufik Nilai Persaingan Kurang Ketat

Taufik Hidayat (kiri), yang berpasangan dengan Hendra Aprida Gunawan, pada Kejurnas Makassar 2010. Mereka masih terus melaju.

MAKASSAR, Kompas.com – Pebulutangkis andalan Indonesia, Taufik Hidayat, mengakui perkembangan bulu tangkis di Indonesia belum merata. Kondisi ini membuat persaingan Kejurnas Makassar 2010, kurang ketat.

“Perbandingan kualitas atlet Jawa dan luar Jawa memang masih terlalu jauh. Saya lihat kondisi ini yang membuat persaingan di babak penyisihan kurang maksimal,” kata Taufik di Makassar.

Perbandingan kualitas atlet Jawa dan luar Jawa memang masih terlalu jauh. Saya lihat kondisi ini yang membuat persaingan di babak penyisihan kurang maksimal
— Taufik Hidayat

Menurut dia, kondisi seperti ini sudah seharusnya menjadi evaluasi seluruh pengurus PBSI pada setiap provinsi. Sebab hal itu ditakutkan akan membuat perkembangan bulu tangkis di daerah semakin menurun.

Peraih medali emas olimpiade ini telah melakoni dua laga bersama PB SGS Elektrik PLN. Dari dua laga yang dilalui berhasil dimenangkan yakni masing-maisng menghadapi PB Icli Gowata di hari pertama serta PB MKS Bali di hari kedua.

Pertandingan awal, Taufik turun di nomor ganda putra berpasangan dengan Hendra. Keduanya ditantang pasangan Rahmat Rahman/Rudiawan yang akhirnya harus mengakui keunggulan dan pengalaman Taufik dengan dua game langsung, 21-15 dan 21-15.

Sejak pertandingan pertama hingga hari kedua, sejumlah klub asal Jawa di antaranya PB Jaya Raya, PB Jaya Raya Suryanaga, PB Tangkas Alfamart hingga PB Djarum masih tetap tampil mendominasi.

Bahkan dari seluruh tim yang berlaga, berhasil mengakhiri pertandingan dengan skor telak 5-0. Hasil yang diraih ini bisa dijadikan bukti kualitas atlet yang berada di Pulau Jawa dan luar Jawa memang sangat jauh berbeda.

Hal itu juga diakui salah satu pemain Tangkas, Nova Widianto, yang mengatakan bahwa klub yang berasal dari luar Jawa memang masih sangat sulit bersaing.

“Penyebabnya sendiri saya tidak tahu pasti. Namun yang saya lihat kualitas pemain luar Jawa memang belum terlalu baik,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: