China Pastikan 2 Gelar di Sektor Tunggal

Wang Yihan

JAKARTA, Kompas.com – Turnamen China Terbuka Super Series 2010 baru akan memasuki babak semifinal pada Sabtu (4/12/10). Tetapi, China sudah memastikan diri menyabet dua gelar dari sektor tunggal putra dan tunggal putri, karena terjadi all-Chinese semifinal di dua sektor tersebut.

Raksasa bulu tangkis dunia tersebut juga berpeluang menyapu bersih gelar kejuaraan berhadiah 250.000 dollar AS ini karena di sektor lain pun mereka masih memiliki wakil. Bahkan, “Negeri Tirai Bambu” ini punya kans besar untuk menyabet gelar di ganda putri dan ganda campuran, karena mereka mengepung para rivalnya dari negara lain.

Hanya sektor ganda putra yang cuma diwakili satu pasangan, yaitu Cahi Biao/Zhang Nan. Pasangan terbaik mereka, Cai Yun/Fu Haifeng, gagal melangkah ke babak empat besar, karena dijegal oleh musuh bebuyutannya dari Korea Selatan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Di semifinal, Chai/Zhang menantang unggulan keenam dari Taiwan, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu, sedangkan Lee/Jung (unggulan 4) melawan kompatriot mereka, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (unggulan 7).

Di sektor tunggal putra, unggulan ketiga Chen Jin akan ditantang unggulan kelima Chen Long. Chen Jin, juara dunia 2010, lolos ke semifinal setelah menang straight game 21-8, 21-13 atas kompatriotnya Sheng Zhang. Sedangkan Chen Long tanpa perlu memeras keringat untuk memperoleh tiket semifinal, karena pemain terbaik China, yang merupakan unggulan kedua, Lin Dan, mundur di babak perempat final ini.

Partai semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan delapan Bao Chunlai vs Du Pengyu. Bao menyingkirkan rekan senegaranya, Lu Yi, dengan 21-11, 21-15, sedangkan Du Pengyu juga menang tanpa bertanding melawan unggulan ketujuh dari Denmark, Jan O Jorgensen.

Dari sektor tunggal putri, empat unggulan teratas China melangkah ke semifinal. Unggulan utama Wang Xin akan bertemu unggulan ketiga Wang Shixian, sedangkan unggulan kedua Wang Yihan, ditantang unggulan keempat Jiang Yanjiao.

Untuk sektor ganda putri, yang juga kerab menjadi nomor andalannya, China mengepung satu pasangan Korea Ha Jung Eun/Jung Kyung Eun. Unggulan kedelapan ini akan bertemu pasangan non-unggulan Ma Jin/Zhong Qianxin. Partai semifinal lainnya di nomor ini mempertemukan unggulan kedua Cheng Shu/Zhao Yunlei vs Pan Pan/Tian Qing (unggulan 5).

Mirip ganda putri, di nomor ganda campuran pun China meloloskan tiga wakilnya, yaitu unggulan kelima Zhang Nan/Zhao Yunlei, serta dua pasangan non-unggulan yang akan saling berhadapan untuk memperebutkan tiket ke final, Jiaming Tao/Tian Qing dan He Hanbin/Ma Jin. Zhang Nan/Zhao Yunlei yang mendapat tugas untuk mengalahkan “musuh” dari luar China, yaitu pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: