Ganda Korea Hentikan China dan Malaysia

Ganda putra Korsel, Lee Yong Dae (kiri) dan Jung Jae Sung.

JAKARTA, Kompas.com – Ganda putra nomor satu Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, terjegal di perempat final China Terbuka Super Series, Jumat (3/12/10). Langkah peraih medali perak Asian Games XVI 2010 ini dihentikan oleh pasangan Korea Selatan yang menempati unggulan ketujuh, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, dengan 17-21, 21-18, 16-21.

Hasil serupa juga diperoleh ganda terbaik China, Cai Yun/Fu Haifeng. Unggulan kelima, yang berstatus Juara Dunia 2010 tersebut gagal melakukan revans atas rivalnya dari Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Dalam duel berdurasi 1 jam 7 menit, Cai Yun/Fu Haifeng menyerah 19-21, 21-19, 8-21.

Pertarungan unggulan keempat dari Korea dan unggulan lima dari China ini merupakan ulangan perempat final Asian Games XVI 2010. Ketika itu, Lee/Jung yang menang dan maju ke semifinal, sebelum dihentikan oleh ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan. Kido/Hendra juga menang atas Koo/Tan di final, untuk memastikan Indonesia menyabet medali emas cabang olahraga bulu tangkis.

Di semifinal, Sabtu (4/12/10), Jung/Lee akan menghadapi Ko/Yoo. Dengan demikian, Korea sudah memastikan satu tempat di final turnamen berhadiah 250.000 dollar AS ini. Pemenang duel sesama Korea ini akan menghadapi pemenang antara pasangan Taiwan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu versus pasangan China (Chai Biao/Zhang Nan atau Guo Zhendong/Xu Chen). Fang/Lee meraih tiket semifinal setelah menjegal pasangan nomor satu dunia asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan straight game 21-11, 21-18.

China pastikan sabet gelar tunggal putri

Dari sektor tunggal putri, China masih menunjukkan dominasinya karena mereka sudah memastikan diri menyabet gelar juara. Pasalnya, terjadi all-Chinese semifinal di mana empat unggulan teratas akan saling “membunuh”.

Dua unggulan teratas, Wang Xin dan Wang Yihan, menuju ke semifinal setelah mengalahkan lawan-lawannya. Wang Xin menang 21-14, 21-14 atas kompatriotnya yang lolos dari babak kualifikasi, Hu Zhou, begitu juga dengan Wang Yihan, yang menaklukkan pemain China (lolos dari kualifikasi) Xia Jingyun dengan 12-21, 21-6, 21-16.

Selanjutnya, Wang Yihan akan menghadapi unggulan keempat, yang juga rival senegaranya, Jiang Yanjiao. Jiang meraih tiket semifinal setelah menghentikan langkah pemain masa depan Thailand, Inthanon Ratchanok.

Wang Xin pun demikian. Dia bertemu rekan senegaranya yang merupakan unggulan ketiga, Wang Shixian, yang mengalahkan unggulan tujuh dari Korea Bae Youn Joo dengan 21-9, 21-15.

Dari ganda putri, China pun sudah pasti meloloskan satu wakil ke final karena terjadi all-Chinese semifinal, ketika unggulan kedua Cheng Shu/Zhao Yunlei bertemu unggulan kelima Pan Pan/Tian Qing. Mereka akan menghadapi pemenang antara unggulan delapan dari Korea, Ha Jung Eun/Jung Kyung Eun versus pasangan China non-unggulan, Ma Jin/Zhong Qianxin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: