Kido Titip Pesan untuk Atlet Luar Jawa

Markis Kido

MAKASSAR, KOMPAS.com — Atlet peraih medali emas Asian Games XVI 2010 China, Markis Kido, menitip pesan untuk para atlet di luar Jawa. Dia berharap agar mereka mampu bersaing pada kejuaraan bulu tangkis yang akan datang.

“Selain harus terus berlatih keras, sebaiknya para atlet ketika tampil di kejuaraan jangan merasa takut kalah. Kondisi itu justru membuat mereka terbebani sehingga gagal menampilkan kualitas terbaiknya,” kata Markis sebelum bertolak ke Jakarta, Senin (29/11/2010).

Selain harus terus berlatih keras, sebaiknya para atlet ketika tampil di kejuaraan jangan merasa takut kalah. Kondisi itu justru membuat mereka terbebani sehingga gagal menampilkan kualitas terbaiknya
— Markis Kido

Menurut dia, meskipun pengalaman dan teknik atlet dari luar Jawa belum terlalu maksimal, mereka secara umum bisa dikatakan cukup baik. Artinya, jika didukung rasa percaya diri dan motivasi tinggi, tentu hasilnya akan lebih baik.

“Saya melihat, kemampuan atlet dari luar Pulau Jawa juga mengalami peningkatan. Saya yakin jika tekun berlatih dan tetap fokus, maka mereka akan menjadi atlet yang berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Turnamen dan Perwasitan PB PBSI Mimi Irawan meminta agar para atlet luar Jawa, khususnya Sulsel, bisa lebih serius jika ingin menjadi atlet berprestasi.

“Jika ada kejurnas seperti ini, sebaiknya atlet ikut menonton sehingga bisa mencuri teknik dari atlet nasional. Jangan malah memilih tidur setelah tersingkir dari pertandingan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap agar setiap atlet memanfaatkan kesempatan ketika menghadapi kejuaraan besar atau melawan atlet yang merupakan unggulan. Pasalnya, pengalaman itu tidak akan terjadi setiap saat.

“Saya yakin atlet luar Jawa memiliki peluang untuk meningkatkan kualitas mereka. Namun, itu juga harus didukung oleh daerah masing-masing, termasuk berupaya ikut pada setiap kejuaraan yang digelar,” tutur Mimi seraya mengundang semua provinsi untuk terlibat di Kejuaraan Swasta Nasional Pertamina Open di Jakarta, 6-11 Desember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: