Kido/Hendra Incar 2 Gelar Bergengsi 2011

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan peraih medali emas Asian Games XVI 2010, Markis Kido dan Hendra Setiawan, mengincar dua gelar bergengsi pada tahun 2011. Ganda putra terkuat Indonesia ini ingin menjadi juara All England dan SEA Games.

“Tahun depan targetnya All England dan SEA Games, kalau masih dipercaya,” ujar Kido seusai menerima bonus dari klubnya, PB Jaya Raya, di Jakarta, Rabu (1/12/2010).

All England merupakan satu-satunya turnamen besar yang belum pernah dimenangi oleh pasangan tersebut setelah gelar juara dunia (2007), olimpiade (2008), dan Asian Games (2010). Pasangan peringkat ketiga dunia itu kemungkinan akan tetap menjadi andalan pada SEA Games 2011, saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Sementara itu, pelatih ganda putra pelatnas yang juga Pelatih Jaya Raya, Sigit Pamungkas, mengatakan, pasangan tersebut masih akan diandalkan hingga Olimpiade 2012 di London, Inggris.

“Kalau targetnya medali, kita masih harus mengandalkan mereka karena pemain-pemain di bawahnya belum bisa mengimbangi lawan-lawan mereka,” kata Sigit.

Menurut Sigit, hingga Olimpiade 2012, peta kekuatan pada ganda putra belum berubah. Dengan demikian, pesaing bagi Kido/Hendra masih sama, seperti Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia atau ganda Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dari Korea.

Emas 1 kg

Menyusul keberhasilan Kido/Hendra meraih medali emas Asian Games di Guangzhou yang baru lalu, pasangan tersebut kebanjiran bonus. Bukan cuma dari pemerintah, juara Olimpiade Beijing 2008 ini pun dapat bonus dari klub tempat mereka bernaung.

Setelah Menpora Andi A Mallarangeng menyerahkan bonus masing-masing Rp 400 juta atas medali emas yang mereka peroleh, Kido dan Hendra juga mendapat hadiah dari klub. Hadiah itu berupa emas, masing-masing seberat satu kilogram senilai Rp 400 juta, yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Jaya Raya Ir Ciputra.

“Mudah-mudahan ini bisa memacu teman-teman dan adik-adik saya untuk lebih berprestasi,” ujar Hendra seusai menerima hadiah tersebut.

Adapun Kido berharap, bonus yang ia terima bisa menjadi motivasi baginya untuk meraih prestasi berikutnya pada Olimpiade yang akan datang.

Selain bonus untuk medali emas perorangan, Kido/Hendra masih memperoleh bonus dari nomor beregu putra yang menyumbang medali perunggu. Bagi peraih medali perunggu Asian Games, pemerintah memberi bonus kepada tiap-tiap atlet sebesar Rp 50 juta.

Pada Asian Games 2010 di Guangzhou, China, cabang bulu tangkis menyumbang satu medali emas dan tiga perunggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: