Lin Dan Sabet Penghargaan Samsung MVP

 

AFP/LIU JIN

Lin Dan, usai memastikan diri meraih medali emas Asian Games XVI 2010. Di final, dia kalahkan rival beratnya dari Malaysia, Lee Chong Wei.

JAKARTA, Kompas.com – Bintang bulu tangkis China, Lin Dan, terpilih sebagai atlet peraih penghargaan Samsung MVP (Most Valuable Player) untuk Asian Games XVI 2010. Ini adalah penghargaan bergengsi yang didukung Olympic Council of Asia (OCA) dan Guangzhou Asian Games Organizing Commitee(GAGOC).

Siaran pers Samsung Electronic yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (30/11/10) menyebutkan, Lin Dan mendapat suara pilihan tertinggi lebih dari 2.000 media terakreditasi yang memberikan suara mereka dari 22-25 November di Pusat Media di Guangzhou.

Panitia penyelenggara Samsung MVP Award, yang terdiri dari OCA, GAGOC, media, mantan atlet dan Samsung Electronics, sebagai mitra kerja Asian Games menegaskan, Lin Dan sebagai pemenang Samsung MVP Award akan mendapat Piala MVP, televisi terbaru Samsung LED 3D dan hadiah uang senilai 50.000 dollar AS.

Ketua Komite Media, Olympic Council of Asia (OCA), Manuel Silverio, panitia acara Samsung MVP, menyatakan pemberian penghargaan kepada Lin Dan itu sebagai pengakuan atas sportivitasnya dalam bidang olahraga, keunggulannya dan penampilannya yang luar biasa pada Asian Games 2010 di Guangzhou.

“Dengan penampilan luar biasa dari pemenang Samsung MVP Award Lin Dan dan sportivitas dari seluruh atlet, Asian Games 2010 di  Guangzhou telah meraih sukes yang luar biasa,” ujarnya.

Executive Deputy Secretary General Guangzhou Asian Games Organizing Committee (GAGOC) dan Wakil Walikota Guangzhou, Xu Ruisheng, mengatakan, Samsung MVP Award merupakan penghargaan tertinggi yang diserahkan kepada atlet Asian Games dan penampilan Lin Dan telah menginspirasi semua atlet.

Samsung MVP Award pertama kali diperkenalkan oleh OCA dan Samsung di Bangkok pada 1998, sebagi kontribusi kepada kesuksesan Asian Games dan komitmennya dalam kesuksesan. Sejak itu Samsung telah melanjutkan tradisi dalam pengakuan atlet yang telah menunjukkan prestasinya selama Asian Games.

“Saya memberikan selamat kepada Lin Dan, pemenang Samsung MVP Award,” ujar Vice President dan Head of Worldwide Sports Marketing Samsung Electronic, Gyehyun Kwon.

Panitia penyelenggara Samsung MVP Award menghargai hasil dari suara yang diperoleh dari media terakreditasi.

Lin Dan memiliki kinerja yang patut diteladani pada saat di Guangzhou dan telah bermain secara konsisten pada tingkat dunia sejak 2003, yang juga memenuhi kriteria seleksi MVP, ucapnya.

Lin Dan memperagakan penampilan luar biasa selama Asian Games XVI, dengan memenangkan dua medali emas untuk tim bulu tangkis putra. Medali emas tunggal di Guangzhou membuatnya mendapatkan title Career Grand Slam, yang termasuk juga kemenangannya pada Olimpiade Beijing.

Atlet lainnya, yang masuk finalis Samsung MVP Award, adalah Park Taehwan dari Korea Selatan (renang) dan tiga atlet China, Sun Yang (renang), Tang Yi (renang), serta Liu Xiang (atletik).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: