Taufik Hidayat Juga Mundur

Taufik Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa selangkah lagi maju ke semifinal Final Super Series setelah membukukan kemenangan kedua, Kamis (6/1/2011). Pada pertandingan kedua Grup B, Hendra/Vita meraih kemenangan 21-14, 17-21, 24-22 atas pasangan Polandia, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba.

Sehari sebelumnya, pasangan tersebut mengalahkan ganda Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam 16-21, 21-10, 22-20. Keberhasilan tersebut membawa mantan pasangan pelatnas Cipayung itu untuk sementara memimpin Grup B dengan dua kemenangan, diikuti pasangan Thailand dan ganda Korea, Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun, yang akan dihadapi Hendra/Vita pada pertandingan terakhir grup, Jumat. Keduanya masing-masing meraih hasil satu kali menang dan sekali kalah.

Hendra berharap dapat meraih kemenangan pada pertandingan melawan pasangan Korea, Jumat. “Kalau menang, berarti posisi kami aman. Tetapi kalau kalah, masih harus dihitung-hitung lagi,” katanya.

Pada Grup A, unggulan pertama asal Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, memberi pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, kemenangan tanpa tanding. Pasalnya, Laybourn tidak mampu melanjutkan turnamen akibat cedera lutut yang dideritanya.

Taufik mundur

Sementara itu, tunggal putra peringkat dua dunia, Taufik Hidayat, memilih tidak melanjutkan pertandingan karena cedera pada kakinya semakin parah.

“Lumayan agak bengkak,” kata Taufik setelah memutuskan tidak melanjutkan pertandingan saat tertinggal 11-14 pada game kedua melawan pemain China, Chen Long.

Sebelumnya, saat tertinggal 6-11, Taufik sempat memanggil petugas medis yang memeriksa kakinya dan menyemprotkan obat penghilang rasa sakit. Pengunduran diri Taufik itu memberi kemenangan bagi Chen Long yang memenangi game pertama 21-15.

Selain Taufik, ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga mengundurkan diri dari turnamen berhadiah total 500.000 dollar AS yang diikuti delapan pemain/pasangan terbaik dalam Super Series itu.

Lutut Hendra yang bengkak sejak Asian Games menjadi penyebab pengunduran diri pasangan juara Olimpiade dan Asian Games itu setelah hanya mampu bermain tiga menit melawan pasangan Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, yang memastikan kekalahan kedua mereka dalam babak grup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: