China Raih Tiga Gelar Juara

Bulutangkis.com – Pebulutangkis nomor satu dunia dari Malaysia, Lee Chong Wei menciptakan hattrick dengan merebut gelar juara Final Super Series secara berturut selama tiga tahun setelah mengalahkan pebulutangkis veteran Denmark, Peter Hoeg Gade pada partai final yang berlangsung di Taipei kemarin (Minggu, 09/01/10).

Tanpa banyak kesulitan Chong Wei, menaklukkan Peter Gade dua set langsung 21-9, 21-14 dalam waktu 40 menit. Chong Wei berhak atas hadiah sebesar USD 40.000 dari total hadiah USD 500.000 yang tersedia.

‘’Peter adalah pemain yang sangat berpengalaman dan saya tidak tahu bagaimana dia bisa tetap bersaing di usia 34 tahun. Ia memainkan permainan besar dan selalu sulit untuk bermain melawan dia,’’ungkap Chong Wei sebagaimana kami kutip dari situs Badzine.net.

”Senang sekali rasanya bisa menang ketiga kalinya di sini. Akan lebih bagus jika Lin Dan juga ada di sini, karena itu akan menghasilkan pertandingan-pertandingan bagus bagi penonton,” ungkap Chong Wei.

Lebih jauh Chong Wei menyampaikan rencananya pada tahun ini, tidak akan bermain all out hanya untuk mempertahankan peringkat nomor satu. Untuk menjamin lolos ke Olimpiade 2010, Chong Wei ingin tetap berada pada posisi tiga besar. Chong Wei tidak ingin mengambil resiko cedera dengan banyak ikut di turnamen, namun Chong Wei memastikan akan ikut pada semua turnamen Super Series Premier.

Kalender super series tahun ini akan mulai digelar di Kuala Lumpur Malaysia ‘’Proton Malaysia Open Super Series’’ pada tanggal 18-23 Januari dengan total hadiah USD 400,000. Dan dilanjutkan dengan ‘’Victor Korea Badminton Premier Super Series’’ pada tanggal 25-30 Januari dengan total hadiah USD 1.200.000.

Sementara China kembali memperlihatkan dominasinya di bulutangkis dengan meraih tiga gelar juara dari nomor ganda campuran, tunggal putri dan ganda putri. Pasangan ganda campuran China, Zhang Nan/ Zhao Yunlei meraih gelar juara dengan menaklukkan Sudket Prapakamol/ Saralee Thoungthongkam dari Thailand 21-17, 21-12.

Pebulutangkis putri China, Wang Shixian tanpa banyak kesulitan menaklukkan pebulutangkis Korea Selatan, Bae Youn Joo 21-13, 21-15 untuk meraih gelar juara di tunggal putri.

Sedangkan gelar juara ganda putri menjadi milik China setelah pasangan Wang Xiaoli/ Yu Yang menaklukkan rekannya dari China, Cheng Shu/ Zhao Yunlei 21-7, 21-17.

Gelar ganda putra menjadi milik Denmark melalui pasangan Carsten Mogensen/ Mathias Boe setelah menaklukkan pasangan ganda putra Korea Selatan, Jung Jae Sung/ Lee Yong Dae 21-17, 21-15.

Pada turnamen yang hanya diikuti delapan pemain/ pasangan terbaik dalam kalender super series ini, Indonesia diwakili empat wakilnya, Markis Kido/ Hendra Setiawan (ganda putra), Hendra Aprida Gunawan/ Vita Marissa (ganda campuran), Taufik Hidayat (tunggal putra), dan Greysia Polii/ Meiliana Jauhari (ganda putri). Namun sayang keempatnya gagal di babak penyisihan grup, dua diantaranya Hendra Setiawan dan Taufik Hidayat mengalami cedera sehingga mundur pada saat penyisiha grup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: