Hasil Final Super Series Final 2010 : Malaysia & Denmark Satu Gelar

Lee Chong Wei juara lagi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pebulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, merajai Final Super Series dengan meraih gelar ketiga berturut-turut setelah mengalahkan pemain Denmark, Peter Gade, pada final, Minggu (9/1/2011).

Akan bagus jika Lin Dan juga ada di sini karena itu akan menghasilkan pertandingan-pertandingan bagus bagi penonton.
— Lee Chong Wei

Pada turnamen bagi delapan pemain/pasangan terbaik dalam super series yang digelar di Taiwan itu, pemain asal Malaysia tersebut mengalahkan Peter dalam dua game langsung, 21-9, 21-14. “Senang sekali rasanya menang ketiga kalinya di sini. Akan bagus jika Lin Dan juga ada di sini karena itu akan menghasilkan pertandingan-pertandingan bagus bagi penonton,” kata Lee Chong Wei, seperti dikutip laman berita bulu tangkis badzine.net, Minggu.

Peter Hoeg Gade, menurut dia, adalah pemain yang sangat berpengalaman dan selalu sulit untuk melawannya. “Peter adalah pemain yang sangat berpengalaman, saya tidak tahu bagaimana dia bisa tetap kompetitif di usia 34 tahun,” tambah Chong Wei, yang berhak atas hadiah uang 40.000 dollar AS untuk kemenangan tersebut.

Soal kariernya tahun ini, Chong Wei mengatakan tidak akan berjuang mati-matian mempertahankan peringkat satunya. Namun, untuk memastikan lolos ke Olimpiade 2012, ia ingin tetap berada di posisi tiga besar. “Saya tidak ingin berisiko cedera dengan memainkan terlalu banyak turnamen, tetapi tentu saja saya akan bermain pada semua Super Series Premier,” katanya.

Super Series Premier adalah turnamen yang mulai digelar tahun ini, yang terdiri atas lima turnamen dengan hadiah lebih besar dari super series lainnya, kecuali Malaysia yang menyediakan hadiah 400.000 dollar AS.

Turnamen tersebut adalah Korea (berhadiah 1,2 juta dollar AS), All England (350.000 dollar AS), Indonesia (600.000 dollar AS), Denmark (350.000 dollar AS), dan China Terbuka (350.000 dollar AS).

Adapun Peter, yang baru pulih dari cedera punggung, mengaku tidak menyangka bisa mencapai final dalam turnamen berhadiah total 500.000 dollar AS tersebut. “Tentu saja saya tidak mengira berhasil mencapai final. Saya bangga dengan apa yang saya lakukan di turnamen ini, terutama setelah cedera punggung. Saya hanya datang ke sini dengan harapan memainkan beberapa pertandingan dan melakukan yang terbaik,” kata Peter, yang akan absen di Malaysia Super Series (18-23 Januari).

Sementara itu, China memborong tiga dari lima gelar yang diperebutkan dengan menjuarai final tunggal putri, ganda putri, dan campuran. Unggulan pertama Wang Shixian mengalahkan pemain Korea, Bae Youn Joo, 21-13, 21-15, untuk meraih gelar tunggal putri dan berhak membawa pulang hadiah uang 40.000 dollar AS.

Sementara pasangan Wang Xiaoli/Yu Yang mengalahkan rekan senegara mereka, Cheng Shu/Zhao Yunlei, 21-7, 21-17, untuk meraih mahkota ganda putri sekaligus hadiah uang 42.000 dollar AS.

Gelar ganda campuran diraih oleh pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei yang menundukkan pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, 21-17, 21-12. Adapun juara ganda putra diraih oleh unggulan pertama asal Denmark, Carsten Mogensen/Mathias Boe, yang menang 21-17, 21-15 atas Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dari Korea.

Hasil lengkap:
Lee Chong Wei (Malaysia)-Peter Gade (Denmark) 21-9 21-14
Wang Shixian (China)-Bae Youn-joo (South Korea) 21-13 21-15
Carsten Mogensen/Mathias Boe (Denmark)-Jung Jae-sung/Lee Yong-dae (South Korea) 21-17 21-15
Yu Yang/Wang Xiaoli (China)-Cheng Shu/Zhao Yunlei (China) 21-7 21-17
Zhang Nan/Zhao Yunlei (China)– Sudket Prapakamol/Sarale Thoungthongkam (Thailand) 21-17 21-12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: