Liga Gunakan Format Piala Thomas-Uber

Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com – Liga bulu tangkis yang akan digelar 19-27 Februari di Surabaya akan menggunakan format pertandingan Piala Thomas dan Uber, masing-masing dengan lima partai pertandingan.

“Untuk babak penyisihan akan digelar seluruh (lima) partai pertandingan sekalipun sudah ada yang menang 3-0, karena sekaligus untuk menentukan peringkat,” ujar direktur liga Yoppy Rosimin saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (20/1/11).

Sementara untuk babak final, lanjut Yoppy, pertandingan akan dihentikan setelah ada tim pemenang. “Tidak harus lima partai,” katanya.

Pada babak penyisihan, kata Yoppy, seluruh tim akan saling bertemu untuk menentukan peringkat, dengan peringkat satu dan dua bertemu di final sedangkan tim ketiga dan keempat bertemu untuk menentukan peringkat tiga.

Masing-masing tim peserta liga, yang rencananya diikuti delapan tim putra dan putri, diperkuat maksimal 15 pemain.

“Setiap tim boleh membawa maksimal 15 pemain dan masing-masing boleh menggunakan pemain asing maksimal dalam dua partai,” jelas Yoppy.

Ditanya mengenai siapa saja pemain asing yang sudah terdaftar, Yoppy mengatakan, hingga saat ini belum ada yang mendaftarkan secara resmi. Tetapi beberapa nama seperti Boonsak Ponsana dari Thailand dan Nguyen Tien Minh dari Vietman disebut-sebut akan terlibat.

“Nama-nama akan masuk pada 10 Februari karena itu adalah batas pendaftaran terakhir,” kata Yoppy.

Sulit dapatkan pemain asing

Sementara itu, pelatih PB SGS Elektrik Paulus Firman mengatakan, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan pemain asing karena penyelenggaraan liga berdekatan dengan turnamen Jerman Terbuka (1-6 Maret) dan All England (8-13 Maret).

“Kemungkinan akan kesulitan dalam pengurusan visa. Belum lagi kalau harus berhadapan dengan asosiasi negara masing-masing,” kata Paulus.

Meski demikian, katanya, kalau pun SGS akan memakai pemain asing, kemungkinan mereka akan mengambil pemain ganda putra. Untuk pemain tunggal, katanya, pihaknya akan mengandalkan Taufik Hidayat dan memakai pemain dalam negeri seperti Alamsyah Yunus dan Tommy Sugiarto.

Soal Taufik yang juga bermain pada liga super di China yang pelaksanaannya kemungkinan bersamaan dengan liga di Tanah Air, Paulus mengatakan, kemungkinan Taufik tidak bisa tampil sepenuhnya.

“Masih akan dilihat apakah waktunya berbenturan. Taufik sudah lebih dulu melakukan kesepakatan dengan pihak China,” jelas Paulus.

Saat dikonfirmasi, Taufik mengaku akan bermain pada liga China. Akan tetapi ia belum tahu pasti jadwal pertandingannya.

“Ya saya main di liga China, karena liga Indonesia mendadak sekali. Tetapi saya belum tahu kapan mainnya di liga China,” katanya seraya menambahkan mungkin ia akan tetap main di Indonesia.

Untuk tim putri, SGS sudah menggembleng pemain Pelatnas Elizabeth Purwanigtyas dan akan menambahkan Mazziyah Nadhir serta Richi Puspita Dili ke dalam susunan timnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: