Simon Tunggu Taufik di Semifinal

Penulis: Aloysius Gonsaga AE | Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Simon Santoso

JAKARTA, Kompas.com – Simon Santoso melangkah ke semifinal Malaysia Terbuka Super Series. Pada pertandingan di Stadium Putra Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (21/1/11), pemain Pelatnas Cipayung ini berhasil mengatasi perlawanan gigih rekan senegaranya, Alamsyah Yunus, yang ditekuk dua set langsung 21-19, 21-19, dalam tempo 53 menit.

Ini menunjukkan sebuah kemajuan yang cukup bagus bagi Simon, yang performanya menjelang akhir tahun lalu menurun drastis akibat cedera–bahkan karena absen di sejumlah turnamen, peringkatnya kini melorot ke posisi 27. Di semifinal, Sabtu (22/1/11), Simon akan bertemu pemenang duel antara unggulan kedua Taufik Hidayat dan pemain Jepang Kenichi Tago.

Kesuksesan ini membuat Simon menambah panjang daftar kemenangannya atas Alamsyah. Kini, Simon unggul 2-0 atas pemain non-Pelatnas tersebut, dengan kemenangan sebelumnya diraih pada Kejuaraan Asia 2008.

Di turnamen berhadiah 400.000 dollar AS ini, Indonesia memiliki lima wakil yang turun di sektor tunggal putra. Sayang, dua pemain langsung terjungkal di babak pertama, yaitu Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka.

Jika Taufik menang atas Tago, maka terjadi all-Indonesian semifinal karena mantan juara dunia 2005 tersebut akan bertemu Simon. Meskipun harus kehilangan satu wakil, tetapi dengan kenyataan tersebut Indonesia sudah pasti menempatkan wakil di final.

Pada pertandingan lain, Lin Dan memberikan tiket semifinal secara gratis kepada rekan senegaranya, Chen Long (unggulan 3). Unggulan kelima tersebut tak turun ke lapangan, sehingga Chen Long melenggang tanpa keringat untuk menunggu pemenang Lee Chong Wei vs Nguyen Tien Minh.

Dari sektor tunggal putri, Indonesia tak memiliki wakil lagi setelah Lindaweni Fanetri tersingkir. Satu-satunya tunggal putri Indonesia yang maju ke perempat final tersebut harus mengakui kehebatan pemain China, Wang Yihan (unggulan 3), yang menaklukkannya dengan 21-9, 21-19.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: