Suryanaga Sulit Dapatkan Pemain Asing

Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

SURABAYA, KOMPAS.com — Klub Jaya Raya Suryanaga Surabaya kesulitan mendapatkan pebulu tangkis asing yang akan dikontrak untuk menghadapi kompetisi Superliga Badminton 2011 di Surabaya, 19-27 Februari.

Manajer Tim Jaya Raya Wijanarko Adimulya, Sabtu (22/1/2011) di Surabaya, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum memiliki gambaran soal pebulu tangkis asing yang bisa direkrut. Pasalnya, jadwal superliga sangat mepet.

“Sampai sekarang kami masih cari-cari, tapi belum ada kepastian. Selain jadwal yang mepet, pelaksanaan superliga juga hampir bersamaan dengan jadwal sejumlah turnamen di beberapa negara,” katanya.

Wijanarko menyebutkan, Liga Bulu Tangkis di China bergulir pada 12 Februari hingga 30 April. Jadi, hampir dipastikan pemain dari negara tersebut sulit untuk direkrut. Sementara turnamen seri Eropa, seperti di Jerman, Belanda, dan Inggris (All England), dijadwalkan mulai berlangsung awal Maret 2011.

“Pada superliga pertama tahun 2007, kami bisa cukup mudah mendapatkan pemain asing karena masa persiapan cukup panjang, sekitar enam bulan. Tapi, kami tetap berusaha untuk mendapatkan pemain asing itu,” kata Wijanarko.

Pada Superliga Badminton 2007, Suryanaga mendatangkan empat pemain asing, yaitu Chen Hong (China) dan Ng Wei (Hongkong) di sektor putra serta Petya Nedelcheva (Bulgaria) dan Wang Lili (China) di sektor putri.

Untuk sektor putra, Suryanaga yang juga diperkuat pebulu tangkis pelatnas, Sony Dwi Kuncoro dan Alvent Yulianto, itu tampil sebagai juara setelah mengalahkan Tangkas Jakarta, 3-2. Adapun di sektor putri mereka hanya bertahan sampai semifinal.

Kompetisi Superliga Badminton 2011 tetap menggunakan format kejuaraan beregu Piala Thomas dan Uber dengan tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda.

Menurut Sekretaris Jenderal PB PBSI Yacob Rusdianto, dalam kompetisi yang diikuti masing-masing delapan tim putra dan putri, setiap tim diperbolehkan mengontrak banyak pemain asing, tetapi hanya boleh tampil untuk dua partai.

“Nantinya setiap tim juga mendapatkan subsidi dari sponsor sebesar 1.000 dollar AS,” lanjut Yacob.

Dalam penyelenggaraan superliga empat tahun silam, jumlah pebulu tangkis mancanegara yang memperkuat klub peserta sebanyak 18 orang, terdiri dari 11 putra dan 7 putri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: