Tantowi/Liliyana ke Perempat Final

Penulis: Aloysius Gonsaga AE | Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

JAKARTA, Kompas.com – Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah ke perempat final Korea Terbuka Super Series Premier. Mereka menjadi pemenang “perang saudara” dengan dua game langsung 21-14, 21-19 atas Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet, Kamis (27/1/11).

Dengan demikian, Tantowi/Liliyana menjadi harapan tunggal Indonesia untuk meraih gelar di sektor ganda campuran turnamen berhadiah 1,2 juta dollar AS ini. Pasalnya, dua wakil lainnya yaitu Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Nova Widianto/Vita Marissa, sudah tersingkir.

Namun, tantangan berat menghadang pasangan Pelatnas Cipayung ini dalam perebutan tiket semifinal, Jumat (28/1/11). Mereka akan berjumpa dengan unggulan kelima dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang lolos setelah menghentikan langkah Rijal/Debby.

Ganda putra habis

Turnamen dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah bulu tangkis dunia ini menjadi kuburan bagi para ganda putra Indonesia. Dua wakil Tanah Air, yang maju ke babak kedua dan bertarung hari ini, semuanya harus gigit jari.

Ganda terbaik Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, lebih dulu angkat koper setelah dikalahkan pasangan Korea Selatan Kim Jung-kim/Kim Sa-rang. Setelah itu, giliran pasangan non-Pelatnas lainnya yang merupakan unggulan kedelapan, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan. Mereka kalah 18-21, 12-21 dari pasangan Malaysia Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari/Ong Soon Hock.

Dengan hasil-hasil tersebut, maka secara keseluruhan Indonesia baru meloloskan ganda putra Taufik Hidayat. Unggulan kedua ini lolos setelah menyingkirkan pemain Hongkong, Wong Wing Ki, dengan 19-21, 21-18, 21-17.

Masih ada dua wakil lagi yang belum bertanding, yaitu tunggal putra Simon Santoso, yang akan menghadapi pemain Inggris Rajiv Ouseph, serta ganda putri Vita Marissa/Nadya Melati, yang bertemu pasangan Hongkong Poon Lok Yan/Tse Ying Suet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: