Final Ideal! Chong Wei Bertemu Lin Dan

Penulis: Aloysius Gonsaga AE | Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei.

BIRMINGHAM, KOMPAS.com — Final ideal tercipta di nomor tunggal putra All England Superseries Premier 2011, Minggu (13/3/2011) nanti. Pasalnya, partai puncak turnamen klasik berhadiah 350.000 dollar AS tersebut mempertemukan dua musuh bebuyutan, yaitu unggulan utama dari Malaysia, Lee Chong Wei, dengan rival beratnya asal China yang menjadi unggulan ketiga, Lin Dan.

Duel tersebut akan terjadi setelah Chong Wei melewati hadangan rekan senegara Lin Dan, Chen Long. Dalam pertarungan berdurasi 46 menit, Sabtu (12/3/2011) malam atau Minggu (13/3/2011) dini hari WIB, Chong Wei menang straight game 21-17, 21-13 atas unggulan kelima tersebut, sekaligus menggagalkan Chinese all-final.

Hasil ini membuka peluang bagi Chong Wei untuk mempertahankan gelar event paling tua di dunia tersebut. Hanya saja, dia harus bisa melewati jalan yang sangat terjal di partai puncak nanti karena bertemu Lin Dan, yang secara statistik jauh lebih unggul darinya.

Ya, Lin Dan dan Chong Wei total sudah bertemu sebanyak 22 kali dengan skor 15-7 untuk Lin Dan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di final Korea Terbuka Super Series Premier pada 30 Januari lalu, di mana Lin Dan menang 21-19, 14-21, 21-16, dan dalam lima pertemuan terakhir Chong Wei hanya menang satu kali, yaitu di Jepang Terbuka Super Series 2010 pada 26 September.

Di arena All England, Chong Wei dan Lin Dan pernah bertemu di final tahun 2009. Waktu itu, Lin Dan menang straight game 21-19, 21-12, yang membuatnya merebut gelar keempat.

China masih tetap perlihatkan dominasinya
China tetap menunjukkan kelasnya sebagai raksasa bulu tangkis dunia karena sejauh ini mereka telah menempatkan empat wakilnya di partai final. Selain Lin Dan di final tunggal putra, “Negeri Tirai Bambu” tersebut juga meloloskan wakil di tunggal putri, Wang Shixian, ganda putri Wang Xiaoli/Yu Yang, serta ganda campuran Xu Chen/Ma Jin.

Mereka masih berpeluang menambah wakil di sektor ganda putra melalui Cai Yun/Fu Haifeng. Namun, unggulan keenam ini masih harus bertarung melawan rivalnya dari Malaysia yang merupakan unggulan kelima, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Saat ini mereka sedang bertarung untuk memperebutkan tiket ke final, dan nantinya akan menghadapi unggulan utama dari Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, yang menang 26-24, 21-12 atas pasangan China, Chai Biao/Guo Zhendong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: