Indonesia Unggulan Ketiga Piala Sudirman

Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Piala Sudirman

JAKARTA, Kompas.com – Indonesia menempati unggulan ketiga di bawah China dan Denmark, pada kejuaraan dunia beregu campuran, Piala Sudirman, di Qingdao, China, 22-29 Mei 2011.

Menurut siaran pers pada laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis (10/3/11), penentuan unggulan tersebut berdasarkan total jumlah poin ranking dunia yang diperoleh pemain/pasangan berperingkat tertinggi masing-masing negara pada ranking dunia yang dikeluarkan BWF pada 3 Maret.

Indonesia, yang antara lain mempunyai tunggal putra berperingkat dua dunia Taufik Hidayat, ganda putra peringkat empat dunia Markis Kido/Hendra Setiawan, ganda putri ranking delapan Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan ranking lima ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Mariisa, mengumpulkan total 284.163 poin.

Juara bertahan China memperoleh 348.496 poin dan menjadi unggulan teratas karena pemain tunggal putri Wang Shixian dan ganda campuran Zhang Nan/Zhao Yunlei menempati peringkat nomor satu. Ditambah dengan peringkat tiga tunggal putra Lin Dan serta ganda putra Cai Yun/Fu Haifeng dan ganda putri Wang Xiaoli/Yu Yang masing-masing berada di peringkat enam dan tiga.

Sementara itu, Taiwan membuat kejutan dengan meraih posisi unggulan keempat di atas Korea Selatan (Korsel) dan Malaysia yang masing-masing berada di urutan kelima dan keenam pada divisi elite turnamen dua tahunan tersebut.

Divisi elite (Divisi 1) Piala Sudirman akan diikuti 12 tim dari total 32 tim yang akan berlaga di Qingdao. Selain China, Denmark, Indonesia, Taiwan, Korsel dan Malaysia, enam negara lainnya yang akan menggenapi ke-12 tim tersebut, yakni Thailand (7), Jepang (8), Jerman (9), India (10), Inggris (11) dan Rusia (12).

Divisi teratas itu akan dibagi ke dalam empat grup yang terdiri atas masing-masing tiga tim. Pada Divisi 2 dan Divisi 3, akan terdapat delapan tim pada masing-masing divisi sedangkan Divisi 4, hanya akan terdiri atas empat tim.

Negara-negara yang masuk dalam Divisi 2 adalah Hongkong, Belanda, Perancis, Kanada, Singapura, AS, Ukraina dan Peru, sedangkan Divisi 3 terdiri atas Bulgaria, Vietnam, Republik Ceko, Swedia, Australia, Afrika Selatan, Slovakia, dan Sri Lanka. Adapun empat tim divisi terbawah adalah Filipina, Islandia, Israel, dan Seychelles.

Acara pengundian untuk menentukan tim-tim pada setiap grup akan ditentukan segera.

Pada final 2009, China mengalahkan Korsel 3-0, sementara Malaysia dan Indonesia berakhir di urutan ketiga dan keempat berturut-turut.

Indonesia meraih gelar saat turnamen tersebut diselenggarakan untuk pertamakalinya pada 1989 sementara Korsel telah menjuarainya tiga kali (1991, 1993 dan 2005), sedangkan China sedang mengejar gelar kedelapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: