Legenda Bulu Tangkis Turunkan Ilmu

A. Tjahjo Sasongko

MALANG, Kompas.com — Legenda bulu tangkis Indonesia masa lalu, Sabtu (30/4/2011), akan menurunkan ilmu mereka kepada 200 pemain pemula Malang.

Para mantan pemain yang tergabung dalam Djarum Badminton All Stars ini, antara lain, Alan Budikusuma, peraih medali emas Olimpiade 1992, Haryanto Arbi, mantan juara dunia, serta Ivana Lie, tunggal putri Indonesia pada dekade 1980-an.

Para mantan pemain ini akan menurunkan ilmu dalam acara coaching clinic buat para pemain muda serta pelatih bulu tangkis Kota Malang. Sementara para pemain PB Djarum yang masih aktif, seperti Maria Kristin dan Fransiska Ratnasari, akan ikut dalam pertandingan eksebisi bersama juga para legenda.

Menurut Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, program ini sudah berjalan dua kali sertelah Purwokerto pada 2008. “Acara ini kami anggap penting karena untuk kembali menggairahkan minat terhadap bulu tangkis. Apalagi kami melihat antusias para mantan pemain untuk melihat kembali kejayaan bulu tangkis,” katanya.

Sekjen PB PBSI, yang juga Ketua Pengprov PBSI Jawa Timur, Yacob Rusdianto, menyambut baik inisiatif dari Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation ini. Menurut Yacob, PBSI sendiri selama ini kekurangan tenaga untuk memopulerkan kembali bulu tangkis sebagai olahraga populer.

“Saya sangat menghargai niat baik para mantan pemain untuk datang ke Malang untuk mengembangkan lagi bulu tangkis di wilayah ini. Pada masa lalu, daerah ini pernah menghasilkan pemain-pemain besar, seperti Triaji dsn Johan Wahyudi, maupun bekas juara dunia, Hendrawan,” ungkap Yacob.

Ivana Lie, dari Komunitas Bulu Tangkis Indonesia, membenarkan keprihatinan para mantan pemain terhadap merosotnya prestasi bulu tangkis Indonesia. “Banyak mantan pemain yang ingin menyumbangkan sesuatu untuk meningkatkan kembali prestasi ini, tetapi kesulitan mendapatkan penyalurannya,” kata Ivana.

Sumber :  http://olahraga.kompas.com/read/2011/04/29/14412651/Legenda.Bulu.Tangkis.Turunkan.Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: