Djarum All Stars 2011 : Atlet Pemula Gembira Dilatih Jago-Jago Bulutangkis

Muhammad Aminudin – detiksport


detiksport/M. Aminuddin

Malang – Acara coaching clinic dari para jago-jago bulutangkis Indonesia disambut antusias peserta. Banyak nasihat diberikan kepada para peserta yang notabene adalah atlet pemula.

Coaching clinic digelar sejak pukul 10.00 WIB di GOR Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Sabtu (30/4/2011), yang diberikan oleh Djarum All Stars dan Komunitas Bulutangkis Indonesia (KBI). Acara diawali dengan kelompok putra yang dibimbing oleh Christian Hadinata, Fung Permadi, Alan Budi Kusuma, Antonius, Haryanto Arbi, dan Sigit Budiarto. Tak ketinggalan pula ikut melatih mereka adalah Susi Susanti, Kartono, dan Rosiana Tendean.

Sementara kelompok putri mendapat bimbingan dari Maria Kristin, Andre Kurniawan, Fransiska Ratnasari, Lius Pongoh, Ivana Lee, Eddy Hartono, Denny Kantono, Hastomo Arbi, Retno Kustiyah, dan Ade Chandra. Pelatihan ini berlangsung selama 3,5 jam.

Para jago bulutangkis itu lebih banyak memberikan teknik dan taktik saat bertanding di lapangan. Di antaranya bagaimana memposisikan diri di lapangan serta memberikan bola mati kepada lawan. “Kalian harus jeli melihat posisi lawan, agar mudah menempatkan bola,” ujar Christian Hadinata kepada peserta.

Bagi Mareta Hajar Karunia, salah satu peserta coaching clinic, acara ini banyak memberikan pengalaman baru. Bahkan siswi kelas I SMP Negeri 3 Malang ini bisa merasakan perbedaan besar, dibandingkan saat mengikuti latihan di klubnya. “Ini jelas beda, lebih baik. Dan bisa langsung dimengerti,” terangnya kepada detiksurabaya.com, usai mengikuti coaching clinic.

Mareta sempat mendapat pelatihan pribadi dari Lius Pongoh di luar lapangan. Karena ingin memperbaiki teknik dirinya melakukan smash. “Tadi sempat dilatih sendiri olek kak Pongoh di luar lapangan. Sungguh pengalaman berharga bagi saya,” bebernya.

Hal senada juga diutarakan oleh Fathan Maulana (16), siswa SMK Negeri 6 Malang. Pelatihan langsung dari atlet berpengalaman memotivasi dirinya untuk lebih baik. “Dengan latihan tadi, kita banyak mengerti soal teknik bermain,” ujarnya.

Djarum All Stars juga memberikan reward kepada pelatih setelah mereka mengikuti coaching clinic.

Rangkaian Djarum Badminton All Stars dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi, menurunkan atlet Persatuan Bulutangkis Djarum, pemain lokal, KBI, dan All Stars.

Penampilan eksibisi dua melawan satu, antara Sigit Budiarto berpasangan dengan Haryanto Arbi melawan Eddy Hartono, berhasil memukau para penonton yang tetap bertahan di GOR Cakrawala sejak pagi hari itu.

Meski usia telah menginjak tua, Eddy Hartono, mantan juara All England, tetap tampil prima melawan juniornya itu. Beberapa teknik pukulan tipu ditampilkan Eddy, untuk mengimbangi permainan Sigit dan Hariyanto Arbi.

Sumber : http://www.detiksport.com/read/2011/04/30/203828/1629394/79/atlet-pemula-gembira-dilatih-jago-jago-bulutangkis?s99110369

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: