Pewarisan Nilai di Lapangan

A. Tjahjo Sasongko

Ketua umum PBSI Djoko Santoso dan para mantan pemian memberi sertifikat kepada para pemain muda di Malang, Sabtu (30/4).
Pemain muda perlu menimba ilmu dari yang tua

MALANG, Kompas.com – Di Indonesia, olah raga bulu tangkis ditandai sesuatu yang penuh dengan muatan historis mau pun pewarisan nilai-nilai.

Masyarakat Indonesia selalu memaknai bulu tangkis sebagai suatu yang pernah begitu membangggakan pada masa lalu dengan deretan kemenangan yang tiada henti. Seperti cerita kemenangan Tan Joe Hok dkk di Piala Thomas 1958 hingga keperkasaan tim putera Indonesia antara 1970-an dan 1990-an.   Namun bulu tangkis juga sebagai sesuatu yang memberi kesejukan di saat eksistensi bangsa kerap dipertanyakan. Seperti kemenangan Markis Kido/Hendra setiawan di Olimpiade Beijing 2008 dan Asian Games Guangzhou 2010 yang terjadi di saat semua orang sduah apatis.

Karena sifatnya yang kadang dianggap sakral ini, bulu tangkis memiliki nilai-nilai yang dapat dan harus diwariskan dari generasi ke generasi. Tentang perjuangan dari bawah, tentang kerja keras yang tiada henti, tentang semnagat pantang takut dan menyerah hingga semangat menempatkan  kepetingan bangsa dan negara di atas segalanya.

Semua itu coba diwariskan dalam pertemuan antargenerasi bulu tangkis di ajang “Djarum Badminton All Stars” di Malang, Sabtu (30/4). Mereka yang pernah menempatkan bulu tangkis di puncak dunia mencoba mewariskan semua nilai tersebut kepada para penerusnya, bibit-bit muda bulu tangkis di kota Malang.

Karena itulah, Haryanto Arbi/Sigit Budiarto dari dekade akhir 90 hingga 2000-an mau bertenu dengan Kartono dan Heryanto dari angkatan 1970-an, Sigit/Luluk dari awal 2000-an bertemu Rian/Jonathan yang masih pemain aktif dan Andre Kurniawan Tedjono berhadapan dengan pemain muda asal Malang.

Semuanya ditujukan untuk pewarisan nilai-nilai yang pernah menjadi kebanggaan bangsa ini pada masa lalu.

Sumber : http://olahraga.kompas.com/read/2011/05/01/15570381/Pewarisan.Nilai.di.Lapangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: