Meiliana/Greysia dan Tontowi/Butet Lolos

Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii (kiri) dan Meiliana Jauhari.

JAKARTA, Kompas.com – Ganda putri terbaik Indonesia, Meiliana Jauhari/Greysia Polii, melangkah ke semifinal Malaysia Terbuka Grand Prix Gold. Unggulan keempat tersebut memenangi duel sesama pemain Tanah Air dengan straight game 21-15, 22-20 atas Aneke Feinya Augustine/Nitya Krishinda Maheswari, Jumat (6/5/11).

Di babak empat besar turnamen berhadiah 120.000 dollar AS ini, Sabtu (7/5/11), Meiliana/Greysia akan menghadapi lawan sangat berat. Pasalnya, mereka bertemu unggulan utama asal Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna, yang menang 21-12, 21-9 atas unggulan delapan dari Belanda, Lotte Jonathans/Paulien van Dooremalen.

Selain ganda putri, di sektor ganda campuran pun Indonesia meraih kesuksesan karena meloloska dua wakilnya ke semifinal. Setelah unggulan ketiga Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadeth meraih tiket semifinal, giliran unggulan keempat Tontowi Ahymad/Liliyana Natsir yang mengikuti jejak rekannya di Pelatnas Cipayung tersebut.

Tontowi/Liliyana, yang pekan lalu menjuarai India Terbuka Superseries, menyingkirkan unggulan kelima dari Jepang Shintaro Ikeda/Reiko Shiota, dengan straight game 21-15, 21-18. Selanjutnya, Tontowi/Liliyana akan menghadapi unggulan kedua dari Thailand, Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul, yang menang 21-11, 21-15 atas rekan senegaranya Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai. Pada semifinal lainnya, Fran/Pia menghadapi pemain tuan rumah yang merupakan unggulan keenam, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Jika dua ganda campuran Indonesia ini menang lagi, maka bisa dipastikan satu gelar sudah menjadi milik tim Merah-putih. Untuk sementara, hasil perempat final ini (khusus ganda campuran) menyerupai apa yang dicatat di India Terbuka Superseries, di mana Fran/Pia dan Tontowi/Liliyana akhirnya mencapai puncak untuk ciptakan all-Indonesian final.

Sayang, kesuksesan ganda putri dan ganda campuran itu tak diikuti oleh ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano. Unggulan ketiga ini menyerah 20-22, 18-21 dari pemain Belanda, Ruud Bosch/Koen Ridder, yang disemifinal bertemu unggulan utama dari Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Kegagalan juga diperoleh tunggal putri Aprilia Yuswandari, yang harus mengakui kehebatan pemain Korea Selatan Bae Youn Joo. Aprilia menyerah 16-21, 10-21 dari unggulan keempat tersebut. Sebelumnya, tunggal putra Sony Dwi Kuncoro juga menyerah dan mengundurkan diri karena cedera.

Sumber : http://olahraga.kompas.com/read/2011/05/06/21523068/Meiliana/Greysia.dan.Tontowi/Butet.Lolos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: