Bulutangkis di Negeri Orang. Salut!

Jual Ikan Demi Tampil di Piala Sudirman
Narayana Mahendra Prastya – detiksport

Reykjavik – Para pemain tim Islandia tak menyerah meski asosiasi bulutangkis Islandia memutuskan tak ikut serta Piala Sudirman karena alasan dana. Para pebulutangkis itu pun menjual ikan untuk menggalang dana.

“Drama” mewarnai perjalanan tim Islandia untuk ikut serta di Piala Sudirman XII di Qindao, China yang digelar mulai 22 Mei mendatang.

Seperti dikutip dari Badminton Europe, asosiasi bulutangkis Islandia memutuskan untuk tidak ikut serta di kejuaraan tersebut karena alasan finansial.

Namun para pemain tak setuju dengan keputusan tersebut. Alhasil mereka kemudian bergerak mencari dana sendiri.

Cara pertama ditempuh dengan berjualan ikan. Kebetulan, seluruh anggota tim bernaung di klub yang sama. Jadilah, mereka berjualan ikan di lobby kantor pusat klub. Mereka berharap ada donasi masuk dari para anggota klub.

Hasilnya sesuai harapan. Enam ribu euro terkumpul dari penjualan 1.500 kilogram ikan segar.

Angka tersebut cukup besar, namun baru memenuhi separuh dari angka perkiraan untuk mengirimkan tim ke China yakni 12 ribu euro. Selanjutnya mereka pun melakukan pertandingan guna menggalang dana.

Pertandingan ini digelar dengan mengundang perusahaan di negara yang beribukota Reykjavik tersebut. Setiap perusahaan yang ikut ambil bagian harus membayar 15o euro.

Tim peserta bisa menggunakan pemain mereka sendiri atau campuran antara pemain sendiri dengan pemain profesional, atau opsi lain adalah hanya membayar uang pendaftaran sementara yang bermain adalah penyelenggara mencarikan pemain untuk tampil membela perusahaan tersebut.

Pada umumnya perusahaan mengirim satu pemain sendiri dan berpasangan dengan pemain-pemain pro Islandia. Tak jarang juga ditemui ada pemain amatir yang berduet dengan pemain papan atas.

Hasilnya positif. Empat puluh perusahaan mengikuti turnamen tersebut dan kekurangan sebesar enam ribu euro pun terlunasi.

Alhasil, Islandia bisa mengirimkan enam pemain dan seorang pelatih untuk ambil bagian di Piala Sudirman 2011. Di turnamen edisi ke-12 ini, Islandia ada di babak play-off level 4, satu grup dengan Sri Lanka, Filipina, Israel, dan Sechylles.

Sumber : http://www.detiksport.com/read/2011/05/18/190000/1641940/79/jual-ikan-demi-tampil-di-piala-sudirman?s991101mainnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: