Maria Kristin Harus Lewati Kualifikasi

A. Tjahjo Sasongko

Maria Kristin Yulianti

SEMARANG, Kompas.com – Peraih medali perunggu Olimpiade 2008, Maria Kristin Yulianti, harus berjuang mulai dari babak kualifikasi pada Thailand Open Grand Prix Gold di Bangkok, Thailand, 7-12 Juni 2011.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin ketika dihubungi di Semarang, Jumat mengatakan, peringkat dunia Maria yang tidak mencukupi sehingga yang bersangkutan harus memulai dari babak kualifikasi terlebih dulu.

Pada babak kualifikasi, pebulu tangkis yang sudah mundur dari pelatnas sejak Januari 2011 tersebut menempati unggulan keempat dan bakal bertemu tunggal putri Thailand, Natnicha Benhapanyanukul pada babak pertama.

Apabila menang, Maria bakal bertemu pemenang antara Sasipa Makasasitirn (Thailand) melawan Pai Yu Po (China Taipe), baru maju babak final kualifikasi tiga untuk mendapatkan satu tempat di pada babak utama. “Yang terpenting saat ini adalah Maria Kristin lolos ke babak utama terlebih dulu, baru berbicara soal prestasi pada babak utamanya,” katanya.

Apabila Maria Kristin lolos ke babak utama maka lawan pada babak pertama adalah rekan senegaranya, Aprilia Yuswandari.

Sementara itu pebulu tangkis nasional asal PB Djarum Kudus, Maria Febe Kusumastuti, bertemu tunggal putri Rusia, Anastasia Prokopenko. Jika menang bakal bertemu pemenang antara unggulan ketujuh Li Xeurui (China) melawan Kaori Imabeppu (Jepang) pada babak kedua.

Sementara itu pada nomor tunggal putra, satu-satunya pebulu tangkis Djarum Kudus yang tampil adalah Andre Kurniawan Tedjono langsung melaju ke babak utama. Pada babak pertama, Andre bakal bertemu pebulu tangkis India, Sourabh Verma. Apabila menang akan bertemu pemenang unggulan ke-15 Dicky Palyama (Belanda) melawan Hsu Jen Haso (China Taipe).

Pebulu tangkis tunggal putra pelatnas asal Djarum Kudus, Riyanto Subagja harus berjuang melalui babak kualifikasi terlebih dulu sebelum tampil pada babak utama.

Pada babak kualifikasi, Riyanto Subagja menempati unggulan kelima dan masuk grup dua. Pada babak pertama bertemu tunggal putra Thailand, Tammasin Sitthikom, kalau menang bertemu pemenang antara Victor Kravchenko (Kazakthan) melawan Siriwat Matayanumati (Thailand).

Pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah 129 ribu dolar Amerika Serikat ini, Djarum Kudus juga menurunkan Luluk Hadiyanto,, kemudian yang dari pelatnas adalah Riyanto Subagja, Maria Febe Kusumastuti (tunggal putra dan putri).

Kemudian Muhammad Ulinuha (berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi), Andrei Adistia (berpasangan dengan Christopher Rusdianto), sedangkan ganda putri pasangan Jenna Gozali/Komala Dewi. Pada ganda campuran, Shendy Puspa (berpasangan dengan Riky Widianto).

Sumber : http://olahraga.kompas.com/read/2011/06/03/16552764/Maria.Kristin.Harus.Lewati.Kualifikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: