Wuhan Tuan Rumah Piala Thomas-Uber 2012

Gatot Widakdo | I Made Asdhiana

Pebulutangkis Indonesia saat latihan.

 

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memilih kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China, sebagai tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2012. Terpilihnya Wuhan sekaligus memupuskan harapan Indonesia yang juga mengajukan pencalonan sebagai tuan rumah.

“Saya ucapkan selamat kepada Wuhan yang terpilih sebagai penyelenggara Piala Thomas dan Uber 2012 mendatang,” kata Presiden BWF Kang Young Joong seusai pertemuan dengan anggota BWF.

Kang Young menyebutkan, Piala Thomas dan Uber 2012 akan digelar tanggal 20-27 Mei. Menurut Kang Young Joong, selain fasilitas yang komplet, Wuhan dipilih karena secara tradisional, bulu tangkis daerah ini berkembang cukup baik.

Dari Hubei lahir beberapa pemain hebat, seperti Han Aiping, Tian Bingyi, Gao Ling, Wei Yili, dan pemain nomor satu dunia di ganda campuran, Zhao Yunlei, dan pemain nomor satu dunia ganda putri, Wang Xiaoli.

“Semua anggota merasa terkesan dengan Wuhan. Mereka juga memperlihatkan presentasi yang meyakinkan dengan dukungan logistik dan fasilitas yang bagus,” kata Kang Young Joong.

Deputi Sekretaris Jenderal Asosiasi Badminton China Hu Xuebing mengaku sangat bangga dengan terpilihnya Wuhan sebagai tuan rumah. “Ini bentuk kepercayaan yang besar untuk bulu tangkis China,” kata Hu Xuebing.

Terpilihnya China menjadi tuan rumah sudah bisa diprediksi sebelumnya. China lebih berpeluang daripada Indonesia mereka menjadi tuan rumah kali terakhir pada tahun 2002 di Guangzhou. Sementara itu, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah pada tahun 2008.

Untuk pencalonan tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2012, hanya China dan Indonesia yang mengajukan proposal penawaran. China akhir bulan lalu juga sukses menggelar Piala Sudirman. Keberhasilan mereka semakin komplet dengan menjuarai kejuaraan dunia beregu campuran itu.

Sumber : http://olahraga.kompas.com/read/2011/06/04/08112567/Wuhan.Tuan.Rumah.Piala.Thomas-Uber.2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: