Peringkat Ana Rovita Melonjak Tajam

Laporan wartawan Kompas.com A. Tjahjo Sasongko

Pemain tunggal putri Indonesia, Ana Rovita saat bertanding melawan pemain Jepang, Sayaka Sato pada Djarum Indonesia Open Super Series 2010 di Istora Senayan, Jakarta,

KUDUS, KOMPAS.com — PB Djarum akan memberi kesempatan lebih banyak kepada Ana Rovita untuk menguji kemampuan di turnamen di luar negeri. Bulan ini ia akan mengikuti turnamen di Singapura, 20-24 Juli.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyebut, hal ini mereka lakukan untuk memberi pengalaman bertanding kepada pemain tunggal putri tersebut. “Tentunya setelah evaluasi terhadap Ana berdasar prestasinya di Djarum Indonesia Open Super Series, kami perlu memberi kesempatan lebih banyak kepadanya,” kata Yoppy.

Dalam turnamen Djarum Indonesia Open Super Series di Jakarta, pekan lalu, Ana berhasil lolos ke babak semifinal sebelum disingkirkan pemain asal Jepang, Sayako Sato. Pemain Jepang ini kemudian lolos ke final dan kandas di tangan unggulan pertama, Saina Nehwal.

Menurut Yoppy pula, banyaknya kesempatan bertanding dengan pemain-pemain yang memiliki peringkat di atasnya diharapkan akan mendongkrak peringkat Ana. Saat ini Ana memiliki peringkat 153 dunia. Keberhasilannya pada Indonesia Open kemarin membuat Ana meloncat 93 tingkat dari peringkat sebelumnya.

Ana sendiri menganggap keberhasilannya di Indonesia Open kemarin merupakan buah dari hasil latihannya selama ini. Hal ini terlebih karena ia sendiri juga memiliki target sendiri di kejuaraan kemarin. “Prinsip saya bermain tanpa beban,” kata Ana. Di Indonesia Open kemarin ia juga mengalahkan pemain seniornya, Maria Kristin Yulianti.

Dalam peringkat tunggal putri yang dikeluarkan BWF pekan ini, Indonesia menempatkan enam pemain di peringkat 100 besar. Pemain pelatnas Cipayung, Maria Febe Kusumastuti, menempati peringkat tertinggi yaitu peringkat ke-22.

Peringkat putri BWF pekan ini:
1. Wang Yihan (China)
2. Wang Xin (China)
3. Saina Nehwal (India)
4. Wang Shixian (China)
5. [+1] Jiang Yanjiao (China)
6. [+2] Tine Rasmussen (Denmark)
7. [-2] Wang Lin (China)
8. [+1] Pi Hongyan (France)
9. [+1] Juliane Schenk (Germany)
10. [-3] Lu Lan (China)
11. [+1] Yao Jie (Netherlands)
12. [+1] Eriko Hirose (Japan)
13. [-2] Zhou Mi (Hongkong)
14. [+2] Ella Diehl (Russia)
15. Yip Pui Yin (Hongkong)
22. [-3] Maria Febe Kusumastuti (Indonesia)
26. [-2] Adriyanti Firdasari (Indonesia)
29. Fransiska Ratnasari (Indonesia)
43. [+14] Lindaweni Fanetri (Indonesia)
44. [+16] Maria Kristin Yulianti (Indonesia)
95. [+1] Aprilia Yuswandari (Indonesia)
153. [+93] Ana Rovita (Indonesia)

Leave a comment